Jumat, 25 Juli 2014

Budidaya MANGGIS

     Manggis adalah buah yang sudah sering kita dengar dan dikenal buah yang manis. Tapi, tahukah anda bahwa tanaman manggis dapat tumbuh subur di daerah yang banyak mendapat sinar matahari. Di Indonesia, tanaman ini bisa dibudidayakan di daerah Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Jawa Barat, Sumatera Utara, Riau, Jawa Timur dan Sulawesi Utara.
     Kita memeng tahu buah manggis, tapi mungkin sedikit yang tahu bagaimana bentuk dari tanamannya sendiri. Berikut saya tampilkan gambar tanaman buah tersebut dimana terdapata gambar buah manggis yang dalam masa pembuahan sampai masa pematangan. 
          Gambar diatas dapat kita lihat bagaimana proses pembuahan terjadi.

     Untuk menghasilkan buah manggis yang baik dan mendapatkan hasil yang maksimum, kita harus mengetahui bagaimana proses budidayanya dan apa yang sebaiknya kita perhatikan dalam proses pembudidayaan. Sebelum kita ke proses budidaya, tentunya kita tahu bahwa proses budidaya itu diantaranya ada pengolahan lahan, pembibitan, pengairan, pemupukan dan tentunya pemeliharaan.
  1. Pengolahan Lahan
         Lahan yang disediakan untuk tanaman manggis, perlu memperhatikan aliran air atau biasa disebut dengan irigasi. Prhatikan juga tanaman-tanaman yang tidak diperlukan tumbuh di area lahan seperti alang-alang, rumput liar, ataupun perdu. Kemudian perlu dilakukan pembajakan agar tanah yang bongkahan besar tidak ada lagi. Jangan lupa jarak tanamnya dibuat standard yaitu 10 m dimana berbntuk segitiga sama kaki, diagonal ataupun bujur sangkar.
  2. Pembibitan
         Tanaman manggis bisa diperbanyak dengan bibit yang hasil penyambungan pucuk. Tanaman yang ditanam dari biji dapat berbunga pada umur 10-15 tahun. Sedangkan ditanam dari hasil sambungan dapat berbunga 5-7 tahun. Jadi anda bisa memilih untuk menanam dengan cara apa agar lebih cepat menghasilkan buah manggis tersebut.
  3. Pengairan
         Tanaman manggis yang berada dibawah 5 tahun, memerlukan kesediaan air yang cukup dan harus disiram 1-2 hari sekali. Namun, ketika sudah berumur diatas 5 tahun, proses penyiraman sebaiknya dikurangi dimana anda bisa melakukan penyiraman pada saat pagi hari.
  4. Pemupukan
         Bibit yang unggul ditanam di daerah musim hujan. Masukkan pupuk ZA 500gr, SP-36 250gr dan KCl 200gr ke dalam lubang yang sudah dibuat sebelumnya kemudian tutup dengan tanah.
  5. Pemeliharaan
         Pemeliharaan dapat anda lakukan dengan memperhatikan munculnya gulma disekitar tanaman, memperhatikan hama yang menyerang tanaman, sampai tanaman tersebut menghasilkan buah yang manis dan segar.

    Demikian informasinya. :)
    Smoga bermanfaat buat anda-anda yang mungkin akan melakukan budidaya manggis. 

Tidak ada komentar: